PENAMPAKAN MEWAHNYA K3 2016

K3 2016 : Rangkaian Kereta Ekonomi Terbaru dan Mewah Di Kelasnya

Halo sobat , seperti yang kita ketahui Lebaran tahun ini akan ada pendatang baru dalam ranah perkeretaapian Indonesia yang siap menyambut para pemudik yang menggunakan kereta api.

Kenalan dulu nih sob inilah dia K3 2016 , rangkaian KA buatan PT INKA Madiun yang saat ini sedang dalam proses pengiriman yang mana nantinya hadir menjadi KA tambahan Lebaran baru yang rencananya akan dijalankan oleh PT KAI Daop 5 Purwokerto sebagai rangkaian Kutojaya Utara. Satu KA tambahan lebaran ini untuk melengkapi 4 KA tambahan lebaran yang telah resmi dioperasikan sejak 24 Juni 2016. Tambahan KA lebaran tersebut akan dioperasikan dengan jurusan Kutoarjo- Pasar Senen pp. Namun K3 2016 ini yang menjadi rangkaian Kutojaya Utara ini mulai beroperasi pada 4 Juli mendatang , sekitar H-2 Lebaran.

K32016 Photo By Fernanda Ardiyanto
K32016 ( Photo By Fernanda Ardiyanto )

K3 2016 bisa ini bisa dibilang menjadi surprise dan menjadi perbincangan hangat di kalangan pengguna moda transportasi kereta api pada arus mudik kali ini. Bagaimana tidak? K3 2016 ini bisa dibilang merupakan salah satu K3 termewah yang pernah ada di kelasnya.

Saking mewahnya K3 2016 dikelasnya ini membuat banyak kalangan meragukan dan mengibaratkan seperti mimpi disiang bolong untuk kelasnya. Masalah harga nantinya tunggu saja dan bisa ditebaklah berapa walaupun kelasnya “Ekonomi”.

Semewah apakah K3 2016 ini? Mari kita ngintip dan lihat penampakannya…

Sisi Eksterior K3 2016
K3 2016 ( Photo By Fernanda Ardiyanto / facebook.com )

Secara eksterior atau bagian luarnya saja terlihat seperti K1 2016 yang sudah beroperasi melayani beberapa kereta eksekutif terlebih dahulu. K3 2016 ini 11-12 alias mirip – mirip dengan K1 2016. Mulai dari jendela dengan kaca memanjang nyaris tanpa kusen membuatnya terlihat sangat identik dengan K1 2016. Bahkan apabila keduanya disandingkan saja kadang akan sulit untuk membedakannya. Yang membedakan sebenarnya hanya dari warna pintunya saja.

K1 2016 ( http://www.inka.co.id )
Sisi Interior K3 2016

Sebelum masuk ke sisi interior sebagai informasi yang mana dilansir dari detik.com mengungkapkan bahwa kereta api tambahan lebaran ini akan menggunakan gerbong kereta ekonomi baru ( K3 2016 ) dengan 9 rangkaian kereta. Terdiri dari 8 kereta dengan kapasitas masing- masing 80 seat dan 1 kereta untuk penumpang difabel (berkebutuhan khusus) dengan kapasitas 64 seat. Sehingga total kapasitas KA ini sebanyak 704 seat.

K3 2016 ( Photo By Fernanda Ardiyanto / facebook.com )

Masuk ke dalam sisi interior kereta ini. Untuk sisi interior kereta ini sangatlah berkelas dikelasnya sob. Selain dilengkapi fasilitas pendukung Standar Pelayanan Minimum seperti setiap area tempat duduk dilengkapi dengan stopkontak untuk mencharge handphone, laptop, ataupun gadget lainnya, ada pula 4 buah televisi yang ditempatkan di dinding pojok kereta dan di tengah kereta. kemudian AC serta fasilitas penumpang difabel. Gerbong baru ini juga menganut desain dan layout tempat duduk baru. Konfigurasi tempat duduknya 2+2 dengan layout 50 persen menghadap ke depan dan 50 persen menghadap ke belakang.

K3 2016 ( Photo By Fernanda Ardiyanto / facebook.com )

 

Selain itu desain sandaran tempat duduk juga tidak tegak lurus seperti kereta ekonomi yang ada saat ini. Sandaran didesain agak landai, sehingga akan membuat penumpang lebih nyaman. Layout baru tempat duduk kereta ekonomi komersial ini untuk memberikan privasi yang lebih baik bagi penumpang.

Material jok nya pun terlihat berbeda dan diupgrade yang mana membuat pengguna saat dalam perjalanan terasa jauh lebih nyaman. Sekilas interiornya pun terasa lebih bersih, dan rapih.

Berikut ini saya lampirkan bonus videonya ( Video by Fernanda Ardiyanto )


Nah gimana sob , sudah kenal dan manteb lihat penampakannya. Semoga sobat beruntung untuk mencicipi nya saat mudik nanti.

Via Berbagai Sumber ( Termasuk detik.com )

 

2 pemikiran pada “PENAMPAKAN MEWAHNYA K3 2016

Tinggalkan komentar