Kompilasi Foto Jelajah Pasar Gede Solo

Halo sob kali ini saya mau update Kompilasi Foto Jelajah Pasar Gede Kota Solo. Nah penasaran seperti apa ? Yukk sob … langsung saja cekuidot..

Beberapa waktu lalu saya kembali untuk jelajah pasar. Ngomongin pasar nih sob, untuk di Indonesia sendiri sebuah pasar tradisional tak hanya sekedar sebagai tempat interaksi sosial antara pembeli dan penjual namun pasar juga bisa untuk mengabadikan jejak sejarah perkembangan suatu daerah atau kota di mana pasar tersebut berdiri. Keberadaan pasar tradisional memang memiliki satu kekhasan , posisi maupun andil tersendiri beda dengan pasar modern.

Saya menjelajah Pasar Gede Kota Solo. Nah karena ini kompilasi maka saya akan lebih banyak bercerita melalui foto yang saya abadikan ketika menjelajah pasar ini. Bukan sekedar oleh – oleh biasa, foto ini adalah sebagai oleh – oleh yang saya abadikan untuk sobat semua.

Pasar Gede Solo, lengkapnya Pasar Gede Hardjonegoro merupakan sebuah pasar tradisional legendaris yang berada di Jalan Urip Sumoharjo, Jebres, Sudiroprajan, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57129. Nah Pasar Gede Solo ini dirancang oleh arsitek Belanda bernama Thomas Karsten, Pasar Gede Solo mulai dibangun pada tahun 1927 dan selesai pada 1930. Pasar Gede Solo ini pun menjadi pasar tertua di Kota Solo. Dan untuk nama Hardjonegoro diambil dari nama seorang keturunan Tionghoa yang mendapat gelar KRT Hardjonegoro dari Keraton Surakarta.

Sementara itu kenapa “Gede” ? Hal ini diberikan karena kalau sobat melihat secara struktural dan arsitekturnya pasar ini menyerupai benteng dengan pintu masuk utama berbentuk singgasana berukuran sangat besar dan atap yang lebar. Layaknya sebuah benteng dengan tembok besarnya, ya kan sob ?

Boleh dibilang Pasar Gede Solo ini adalah sebuah pasar induk legendaris di Kota Solo yang menjadi pusat perdagangan dan perekonomian masyarakat khususnya masyarakat Kota Solo. Pasar Gede Solo disini banyak dan tersedia segala kebutuhan pokok. Mulai dari sayuran segar, aneka bumbu, daging hingga buah-buahan dan semua itu mengisi ruang tengah pasar berlantai dua ini. Sementara itu pedagang makanan khas Solo bisa mudah ditemukan dan berada di sekeliling lapak sembako. Terdapat puluhan penjual yang menjajakan nasi liwet, pecel, anek oseng-oseng, ayam goreng, dawet, kerupuk rambak, karak, intip hingga berbagai jenis jajanan pasar. Boleh dibilang surga kuliner jajanan pasar di Kota Solo. Tak heran pasar ini bukan hanya menjadi destinasi emak – emak / ibu – ibu untuk berbelanja sehari – hari namun juga sebagai destinasi wisata kuliner paling dicari dan tersohor di Kota Solo.

Galeri Foto Jelajah Pasar Gede Solo

Pasar Gede Solo ( Utama ) 

Pasar Gede Solo ( Sisi Barat ) 

 

Nah itu tadi Pasar Gede Solo yang telah menjadi satu aset budaya dengan sejarah yang sangat bermakna bagi Solo dan masyarakatnya. Sobat bisa mampir dan mejelajahi pasar ini. Temukan hal menarik disekitar sobat.. Mungkin itu dulu sob dan sampai jumpa di update selanjutnya. See you..

Iklan

3 pemikiran pada “Kompilasi Foto Jelajah Pasar Gede Solo

  1. Waow…. kereenn… !!

    Maaf Usul Mas bro … kalau sempat bikin dunk artikel n liputan yang ” serupa tapi tak sama ” ttg. Mega Proyek pembangunan Pasar Baledono di Purworejo y …

    Konon khabarnya proyek langsung jadi dg budged 114,5 M dlm kontrak waktu 323 hari…

    Terimakasih bro… selamat berkarya n bagi2 info.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s