Hotel List: Swiss Belinn Saripetojo

Swiss Belinn Saripetojo seperti apa sih bagian dalamnya.. Yukk SimakKota Solo punya beragam destinasi wisata dan banyak hal yang bisa kamu ekplorasi lebih dalam, misalkan budayanya ataupun kulinernya. Satu kota yang membuat kamu betah berlama – lama di Kota Solo bahkan kamu akan merasa kangen, kalau saya menyebutnya “Solo itu Ngangeni”. Singkatnya satu atau dua hari pun terasa belum cukup , belum lagi kamu eksplorasi di daerah sekitarnya seperti Boyolali, Karanganyar , Sukoharjo dan masih banyak lainnya.

Banyak gerbang untuk masuk ke Kota Solo, salah satunya Stasiun Purwosari. Yakk saat kamu tiba, nah kamu dan teman teman sekalian kan pasti bawa barang tentunya repot yah kalau langsung cuss mengelilingi kota. Yang pasti setelah kamu tiba hal pertama yang kamu cari dari sekian daftar salah satunya kamu butuh penginapan, yak sebuah hotel. Karena kamu ini berada di purwosari, beruntung wilayah ini berada di jantung kota Solo dan terdapat jalan slamet riyadi sebuah jalan utama kota Solo yang membentang dari ujung ke ujung. Disini terdapat banyak hotel yang bisa kamu pilih.

Oke , sebelum kamu bingung mengenai hotel saya akan mengajak kamu untuk mengeluas salah satu hotel yang terletak di Purwosari  , Kota Solo. Dan langsung saja teman – teman inilah dia Swiss Belinn Saripetojo .

Dahulu ini adalah Pabrik Es Legendaris Saripetojo

Swiss Belinn Saripetojo , oke Swiss Belinn kamu semua pasti tau , namun kamu langsung terfokus pada kata Saripetojo. Yak dahulunya sebelum berdiri hotel dan lain lain , kamu akan teringat dulu ini adalah Pabrik Es Legendaris Saripetojo. Agar tidak terlupakan, jadi nama Saripetojo dihadirkan. Swiss Belinn Saripetojo tidak berdiri sendirian dalam satu kawasan lahan Saripetojo , tapi ditemani pusat berbelanjaan yang kalau tidak salah “Bengawan Solo Plaza” saat ini belum buka.

Mudah dijangkau dan diketahui

Swiss Belinn Saripetojo , hotel bintang 3 ini berdiri dengan gagahnya , tampil percaya diri dengan desain modern menjulang cukup tinggi sekitar 12 lantai. Kamu bisa melihatnya dari berbagai sisi tertentu (kalau ndak tertutup bangunan lainnya) dan jarak tertentu ( yak betul kecuali kamu dari gedung tinggi seperti gedung perkantoran yaitu Menara bank Mandiri Solo atau minimal rooftop mall di kota Solo seperti di Solo Square kamu bisa melihat jelas Swiss Belinn Saripetojo.

Swiss Belinn Saripetojo ini letaknya mudah dijangkau , dekat sekali dengan Stasiun Purwosari yaitu kalau diibaratkan hanya selangkah saja. Lha begini , saat tiba di Solo melalui Stasiun Purwosari kamu hanya perlu menyebrang jalan saja sudah sampai. Selain itu kalau kamu mau kemanapun tempat yang ada di Solo bisa kok, ada bis ( BST ) , ada ojek atau bisa juga memakai fasilitas yang ada di hotel atau kamu punya langganan sendiri.

Dropp Off Area

Tadi diawal udah bahas banyak, nah sekarang mari masuk. Sebelum kamu masuk ke lobby kamu akan disambut hiasan motif batik di area drop off. Hotel ini ada dua pintu masuk ya , pertama untuk masuk ke lobby hotel dan masuk ke ballroom nya. Akses hotel ini terpisah dengan pusat berbelanjaan lho ya, tapi ada akses kok dari pusat berbelanjaannya ke hotel.

Lobby Area

Dok. Pribadi

Masuk melalui akses pertama , dari drop off di depan dan tentunya kamu langsung bertemu dengan area lobby. Di area lobby , kesan pertama yang terlihat segar , modern, permainan warna yang oke . penataannya juga. Kalau kamu melihat dinding yang berwarna biru itu akan teringat kok kayak di Keraton Kasunan Surakarta Hadiningrat yah?

Suasana kearifan lokal dihadirkan

Pada dasarnya kalau saya melihat secara keseluruhan hotel ini memang dihadirkan dengan konsep modern tradisional (tradisional modern , pokoknya begitulah ). Banyak menonjolkan suasana kearifan lokal yang cukup kental. Mungkin agar para tamu merasa nyaman dan lebih merasakan atmosfir Kota Solo. Ya, di bawalah semua yang berkaitan dan khas kota Solo ke dalam hotel ini.

Masih Area Lobby

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Masih di area lobby , selain hal tadi yang pasti ada receptionist . Posisinya ada di sebelah kanan saat kamu memasuki lobby. Kamu akan disambut ornament motif batik , meja ( furniture ) receptionist modern , banyak lengkungan gitu dan yang pasti disambut juga dengan pelayanan ramah hotel ini. Oh iya diatas receptionist ada lampu lampu yang bisa jadi perhatian kamu saat berada di meja receptionist ini sambil kamu check in.

Ada apa lagi di area lobby ini , tentunya ada lift yang langsung membawa kamu ke lantai 5 atau bisa juga menuju lantai yang ada kamar dituju. Kalau kamu kepo seperti saya, sebelum memasuki lift didepannya atau kalau kamu dari lobby di sebelah kanan ada akses masuk dari pusat perbelanjaan ke dalam hotel m terus selangkah dari lift ada bisnis center , seperangkat lengkap ( ada pc , meja , kursi dll. Oh iya satu unit saja ) bonus ada hiasan cantik.

Area Lobby Ballroomnya / Prefunction

Dok. Pribadi

Sampai kepo banget , saya pilih tidak memakai lift dan menelusuri hotel ini. Saya ingin melihat area lobby ballroom mungkin itu namanya karena saya agak lupa. Tadi saya mengatakan ini akses terpisah, alasannya sih begini biar enak aja, yang rombongan mau ke ballroom bisa langsung lewat akses khusus, begitu pula tamu hotel. Di area lobby ballroom , ada meja receptionist ( saya nyebutnya gitu ).

Adanya Nuansa Galeri Seni Penuh Cerita

Dok. Pribadi

Ballroomnya sendiri ada di lantai 5 berbarengan dengan lainnya ( sabar yahh nanti dibahas ). Yah , butuh usaha sedikit, tapi tenang ada escalator ( si tangga berjalan ). Tiap lantai yang kamu lewati seperti halnya di lantai pertama dalam area lobby kamu akan menemukan lukisan / foto , jadi tiap lantainya ini sebelum sampai di lantai 5 mirip kayak sebuah galeri memajang foto mapun lukisan yang mana nanti di setiap lantai berbeda ceritanya contohnya menceritakan pabrik Es Legendaris Saripetojo tapi keseluruhan foto / lukisan yang menampilkan sebuah cerita tersebut adalah tentang tradisi dan budaya di Kota Solo ini.

Pasti banyak yang tanya, saya pun demikian. Lah kok gak ada lift ya di akses area lobby ballroom. Lalu saya membayangkan kalau ada lift , gak bakal deh melewati area mirip kayak sebuah galeri yang banyak cerita. Jujur pasti begitu , bakal lupa dengan banyak hal itu.

Sesampainya di lantai 5 , dilantai ini kita menemui Ballroom , lounge, restoran, swimming pool, spa dan fitness . Satu lagi akses lift hotel yang tadinya dibawah dan semuanya terpisah sekarang ketemu lagi. Disini masih bisa di akses publik.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Ballroom

IMG_4605rsz
Keraton Ballroom / Swiss Belinn Saripetojo

Ballroom di Swiss Belinn Saripetojo bernama Keraton Ballroom dan untuk kapasitas Ballroom sendiri mampu memuat sebanyak 1.500 orang. Ballroom ini bisa dipartisi menjadi tiga bagian. Kamu ingin memakai ballroom ini dengan bermacam kegiatan bisa, dari seminar, workshop, dan acara yang dilakukan oleh pemerintah maupun swasta serta wedding ( bahasa keren nya serba serbi nikahan ).

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
IMG_4625_resize
Area Prefunction Dan Transisi Dengan Hiasan Piring

Sebelum melangkah lagi ke tempat selanjutnya , ada satu area transisi ( menurutku ) disitu terdapat hiasan piring piring cantik. Lumayan bisa buat foto – foto. Yukk lanjut

BaReLo

BaReLo / Dok. Pribadi

Swiss Belinn Saripetojo punya tempat unggulan yaitu BaReLo , kepanjangan dari Bar , Restaurant , Lounge. Nah untuk lounge ini akan menyambut kamu saat setelah dari lift maupun ballroom. Selain area transisi , antara area luar ballroom dengan lounge di batasi dengan partisi yang khas dan bisa dibuka maupun tutup. Di area lounge ada beberapa furniture seperti meja dan kursi , sofa. Ada pelengkap seperti pernak pernik khas. Disini kamu bisa bersantai maupun mengobrol. Interiornya oke, seperti penataan ini itunya. Selanjutnya sebelum melangkah ke Bar dan Restorannya , ada area transisi yang tentunya menghubungkan Bar Dan Restauran , swimming pool, spa dan fitness .

Foto Area Transisi tersebut  akan muncul dalam Update Terbaru tulisan ini.

Bar Dan Restauran , ini jadi satu tapi ada dua bagian yaitu bagian inti dari Bar Dan Restauran dan ruangan joglo plus bagian luar disebelah timur area terbuka yang bisa untuk bersantai dan sambil merokok. Bagian inti dari Bar Dan Restauran bisanya juga dipakai untuk breakfast ( sarapan pagi ) para tamu hotel. Disini kamu bisa makan , minum , bersantai sambil melihat pemandangan kota yang cantik. Oh iya di depannya ada taman dengan eksterior yang cantik. Kalau kamu melihat ada rumput, itu rumput sintesis lho.

BaReLo / Dok. Pribadi
BaReLo / Dok. Pribadi
BaReLo / Dok. Pribadi
BaReLo / Dok. Pribadi
BaReLo / Dok. Pribadi
BaReLo / Dok. Pribadi
BaReLo / Dok. Pribadi
Taman / Dok. Pribadi
BaReLo / Dok. Pribadi

Makanan

Salah satu menu favorit di Swiss Belinn Saripetojo / Dok. Pribadi

Ngomong – ngomong mengenai restoran , makanan apa ya yang jadi favorit dari sekian banyak menu yang ditawarkan? Ada 3 menu unggulan disini yaitu Iga Bakar Saripetojo, Sate Buntel dan Ikan Gurame Goreng Kipas. Nah saya mendapat kesempatan untuk mecicipinya salah satu yaitu saya memilih Sate Buntel. Rasanya enak , pas oke , sate nya pas dan gigi jadi lebih nyaman waktu mengunyah.

Menu favorit di Swiss Belinn Saripetojo / Dok. Pribadi

Kolam Renang

Kolam Renang / Dok. Pribadi

Beralih ke kolam renang , spa dan fitness. Oke , untuk kolam renang nya terdiri dari untuk dewasa dan anak – anak. Misal saat berenang maupun bersantai kamu dapat melihat pemandangan yang berbeda , satu sisi melihat vertical garden dan satu sisi lagi melihat pemandangan kota yang cantik.

Vertical Garden dekat Kolam Renang / Dok. Pribadi
Area Bersantai di pinggir Kolam Renang / Dok. Pribadi
kolam Renang / Dok. Pribadi

Spa Dan Fitness

Fitness Center / Dok. Pribadi

Spa Dan Fitness , disini Spa nya bernuansa Jawa yang cukup kental. Kalau capek yang ketempat ini menikmati fasilitas dan sambil merasakan nuansa tradisi jawanya. Fitness ada disebelahnya , untuk sementara belum dibuka secara umum jadi hanya untuk tamu hotel yang menginap.

Sebelum masuk ke Spa / Dok. Pribadi

Meeting Room

Saripetojo Meeting Room / Dok. Pribadi

Tadi kan baru Ballroom sekarang bahas Meeting Room. Untuk meeting room sendiri ada di lantai 6 , naik satu level dari Ballroom dan kawan – kawannya. Meeting room nya diberi nama Saripetojo dan jumlah nya ada 5 ruang.

Saripetojo Meeting Room / Dok. Pribadi
Saripetojo Meeting Room / Dok. Pribadi
Saripetojo Meeting Room / Dok. Pribadi
Saripetojo Meeting Room / Dok. Pribadi

Kamar

Dan sampailah pada pembahasan ada tipe kamar apa saja yang ada di Swiss Belinn Saripetojo. Oke di dalam hotel ini ada 4 tipe kamar yaitu Superior Room dan Deluxe Room kemudian Grand Deluxe Room yang terakhir Suite. Swiss Belinn Saripetojo ini memiliki 137 kamar, yang terdiri atas satu unit suite room, 12 grand deluxe room, dan 118 deluxe room kemudian terakhir enam superior room. Seluruh kamar yang hadir dengan konsep modern dan beberapa sentuhan tradisional berada mulai dari lantai tujuh hingga lantai 12.

Dari keseluruhan tipe kamar hampir sama fasilitas yang diberikan cuman bedanya nanti ada pada luasan kamar dan kamar mandi yang dilengkapi bathtub yang hanya ada di tipe Suite, satu hal lagi yaitu Hairdryer cuma ada di tipe suite.

Ini Foto Tipe Kamar Deluxe

Tipe Kamar Deluxe / Dok. Pribadi Penulis
Tipe Kamar Deluxe / Dok. Pribadi Penulis
Tipe Kamar Deluxe / Dok. Pribadi Penulis
Tipe Kamar Deluxe / Dok. Pribadi Penulis
Tipe Kamar Deluxe / Dok. Pribadi Penulis

Ini Foto Tipe Kamar Suite

IMG_4482_resize
Tipe Kamar Suite / Swiss Belinn Saripetojo
IMG_4447_resize
Tipe Kamar Suite / Swiss Belinn Saripetojo
IMG_4472_resize
Tipe Kamar Suite / Swiss Belinn Saripetojo

Tipe Kamar Suite / Swiss Belinn Saripetojo

Pelayanan

Nah semua udah dibahas, sekarang kita lihat dalam segi pelayanan. Dalam segi pelayanan menurut saya ramah dan oke, yak saya melihatnya begitu.

Bonus

Ini bonus foto selfie saya , kamu boleh abaikan ini hahahaha

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Kan tadi sudah dibahas semua kan , ya itu tadi mengenai Swiss Belinn Saripetojo. Intinya menurut saya hotel berbintang tiga ini “JOSS”. Jadi kalau kamu berkunjung ke Kota Solo , Gak ada salahnya untuk mencoba sendiri hotel ini ( mungkin sendiri atau dengan keluarga bisa juga dengan rombongan teman )

*Mungkin ada beberapa update yang muncul dari tulisan ini untuk kedepannya. Seperti foto dan info terbaru.

Swiss Belinn Saripetojo

Jl. Slamet Riyadi No. 437 , Solo , Indonesia

(62-271) 745 1111

solo-sisr@swiss-belhotel.com

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Sumber Gambar : Dok. Pribadi Dan Foto milik Swiss Belinn Saripetojo ( Facebook / Website )

 

Iklan

13 pemikiran pada “Hotel List: Swiss Belinn Saripetojo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s