Hotel List: Roemahkoe Heritage Hotel

Roemahkoe Heritage Hotel & Restaurant

Roemahkoe Heritage Hotel & Restaurant seperti apa sih bagian dalamnya.. Yukk SimakKota Solo punya beragam destinasi wisata dan banyak hal yang bisa kamu ekplorasi lebih dalam, misalkan budayanya ataupun kulinernya. Satu kota yang membuat kamu betah berlama – lama di Kota Solo bahkan kamu akan merasa kangen, kalau saya menyebutnya “Solo itu Ngangeni”. Singkatnya satu atau dua hari pun terasa belum cukup , belum lagi kamu eksplorasi di daerah sekitarnya seperti Boyolali, Karanganyar , Sukoharjo dan masih banyak lainnya. Kok saya sering ngomong itu yahh , pokonya gitu deh.

Banyak gerbang untuk masuk ke Kota Solo, bisa lewat beberapa Stasiun yang ada di Kota Solo ini seperti Stasiun Purwosari ataupun Stasiun Balapan Solo. Semua bisa , bahkan kamu sendiri atau rombongan naik mobil. Yakk saat kamu tiba, nah kamu dan teman teman sekalian kan pasti bawa barang tentunya repot yah kalau langsung cuss mengelilingi kota. Yang pasti setelah kamu tiba hal pertama yang kamu cari dari sekian daftar salah satunya kamu butuh penginapan, yak sebuah hotel. Gak hanya seorang traveler tapi hampir semua orang yang berpergian keluar kota dan lebih dari beberapa hari pun demikian.

Kota Solo ini kan punya banyak pilihan tempat buat nginep kamu, hampir disemua wilayah Kota Solo ada , seperti jantung kota Solo nya sendiri di jalan slamet riyadi sebuah jalan utama kota Solo yang membentang dari ujung ke ujung. Disini terdapat banyak hotel yang bisa kamu pilih. Ataupun di pusat destinasi wisata kota Solo ini.

Pusat Destinasi Wisata di Kota Solo ini banyak salah satunya yaitu Kawasan Kampung Batik Laweyan. Yak disini banyak hotel dan tempat yang oke buat kamu. Monggo dipilih ya, pilih semua ya boleh.

Oke , sebelum kamu bingung mengenai hotel saya akan mengajak kamu untuk mengeluas salah satu hotel yang terletak di Kawasan Kampung Batik Laweyan  , Kota Solo. Yang satu ini berbeda , kalau sebelumnya saya mengulas hotel yang wah , berlantai – lantai ( tingkat maksudnya ). Ya ini saya tertarik mencoba untuk mengulas hotel yang ada dalam kawasan ini. Kebetulan berbarengan juga dengan tugas kuliah yaitu survei kesebuah tempat. Dan langsung saja teman – teman inilah dia Roemahkoe Heritage Hotel & Restaurant.

Mudah Dijangkau Dan Hanya Selangkah dari Kawasan Wisata Kampung Batik Laweyan

Roemahkoe Heritage Hotel & Restaurant secara lokasi berada di pinggir Jalan Dr Radjiman Solo, masuk dalam Kawasan Kampung Batik Laweyan. Secara akses pun mudah di jangkau , semua orang pun sudah tau kawasan ini. Jadi ya mudah aja untuk sampai di hotel ini, misal tinggal menelpon taksi atau persewaan mobil. Namun saya bis sekelas BST lah belum ada ( kalau ada BST sih enak ), ya untuk bis lainnya ada sih, kalau gak salah ada angkutan ( angkot ) juga.

Oke kalau bicara satu kawasan Kampoeng Batik Laweyan bakal banyak sekali hal yang akan dibahas , ya ibarat kalau diceritakan satu persatu gak cukup sih. Kawasan ini punya banyak cerita dan beberapa titik tempat menarik yang bisa kamu temukan sendiri dan jelajahi bersama teman maupun keluarga. Kawasan Wisata Kampung Batik Laweyan memang dari dulu sudah terkenal bahkan diyakini sebagai tempat asal sejarah batik di Kota Solo. Wisata Kampung Batik Laweyan letaknya persis dibelakang Roemahkoe Heritage Hotel & Restaurant, sepertinya sudah ada akses langsung jadi kamu gak perlu muter jadi hanya selangkah saja dan langsung jelajahi sambil menikmati suasana yang hadir disekeling mu.

Tempoe Doeloe alias Art Deco Yang Kental

Roemahkoe Heritage Hotel & Restaurant , kesan pertama yang bakal terlintas di benak mu saat melihat hotel ini adalah wow keren “jadoel banget”. Yak bisa saja , karena coba saja saat kamu tiba di hotel yang lokasi di jalan Dr Radjiman ini punya tampilan yang suasana “Tempoe Doeloe” atau “Art Deco” yang sangat kental banget , benar – benar keren dan cocok bagi kamu yang ingin merasakan suasana seperti ini. Sebenarnya dari nama saja pun sudah terlihat , konsep “Art Deco” dan bentuk warisan budaya masa lampau nya kuat. Mulai dari “Roemahkoe” nah ini kan ejaan lama ya terus ditambah tagline : Heritage Hotel ( saya nyebutnya gitu dan kalau gak salah lho ya). Pada kata “Heritage Hotel” , jelas sekali hotel ini berfokus pada konsep mempertahankan warisan budaya masa lampau.

Dahulu nya bangunan dari Roemahkoe Heritage Hotel & Restaurant adalah Rumah Tinggal milik Juragan Batik Ternama, kemudian di beli oleh Pemilik Roemahkoe Heritage Hotel & Restaurant. Dan jadilah seperti sekarang, masih seperti aslinya dan difungsikan sebagai hotel dan restaurant.

Saat kamu disini , Eksterior , Interior , Bentuk Penataan , dan banyak hal didalamnya sudah menceritakan sendiri ke kamu bahwa nuansa Arsitektur Tradisonal Jawa dan Art Deco nya kuat. Singkatnya gini secara visual atau pandangan akan memberikan cerita sendiri jadi bukan bangunannya yang ngomong lho ya. Contoh nya beberapa foto peristiwa masa lalu di pasang dan ditata sedemikian rupa disatu titik dalam hotel ini.

Parkir , Drop Off , Lobby 

Saat masuk dimanapun , kalau kamu bawa kendaraan sendiri seperti halnya mobil kan mesti parker dulu ya. Kapasitas area parkir di Roemahkoe Heritage Hotel & Restaurant ini mampu menampung sekitar 14 mobil ( kurang lebih segitu ). Area parkir hanya di depan saja, sepertinya  memang gak ada area parkir lain. Oh iya area parkir ini ya sebagai drop off nya.

Setelah memarkirkan kendaraann, masuklah ke area lobby ( aku nyebutnya gitu sih ). Di area lobby ini tersedia cukup kursi untuk kebutuhan bersantai didepan ibarat sebuah teras pada rumah umumnya ataupun kebutuhan menunggu seseorang atau sesuatu di lobby ini. Karena ini Heritage Hotel jadi di interiornya di area ini ya kamu akan merasakan nuansa tradisional art deco yang kental. Tak ketinggalan tentunya di area lobby ada receptionist , disini ada dua meja receptionist yang siap untuk melayani kamu saat check in , check out dan lain – lain.

Saat kamu memasuki lebih dalam ada area seperti ruang transisi sebelum memasuki butik , oh iya disini ada butik juga . Balik lagi di ruang transisi , dulunya ini ruangan ada ruang berkumpulnya anggota keluarga pemilik lama rumah ini ( sebelum dibeli dan difungsikan sebagai hotel ).

Ada Area Butik nya lho

Memasuki area yang selanjutnya , yaitu Butik seperti yang saya ungkap sebelumnya. Nah ini area butik menyediakan kerajinan dan batik khas solo utama nya di kawasan ini. Area ini memang dihadirkan untuk kebutuhan tamu yang ingin membeli kerajinan maupun batik yang bisa dibawa pulang untuk oleh – oleh. Merasa kurang, pihak hotel akan mengantarkan kamu ke kampung batik laweyan yang hanya di belakang hotel saja, gak perlu muter jauh cukup lewat akses khusus ( tembusan / pintu belakang ) yang sudah disediakan agar lebih mudah dan hanya selangkah ke kawasan wisata kampung batik laweyan.

Area Restaurant

Area selanjutnya adalah restaurant eh restorannya , nah disini restorannya namanya “Laras Restaurant”. Disini menyediakan aneka masakan khas Solo dan tentunya khas Nusantara, lebih tepatnya aneka masakan jawa sih ya. Ngomong – ngomong soal menu andalan , di Laras Restaurant ini ada beberapa menu andalan diantaranya Nasi Jemblung, Lodoh Pindang , Wedang Cemol dan Selat Solo. Joss yahh , jadi ngiler saya hehehe.

Area Nyantai 

Kamar

Roemahkoe Heritage Hotel & Restaurant punya dua tipe kamar , yaitu ada Deluxe dan Royal Suite. Deluxe untuk tipe standar disini dan total tipe kamar Deluxe punya 12 kamar , kemudian tipe tertinggi Royal Suite hanya ada 2 kamar saja jadi total secara keseluruhan Roemahkoe Heritage Hotel & Restaurant ini punya 14 kamar. Untuk kedua tipe kamar , yang membedakan sih paling hanya diluasan kamar dan beberapa fasilitas dan kalau di hotel – hotel biasanya nyebut “amentis” nya.

Deluxe 

Royal Suite

Pelayanan

Segi pelayanan , oke dan baik. Terlihat dari kebersihan , kerapian dan penataan yang oke ( saya rasa itu sudah cukup untuk cerminan pelayanan ). Plus satu lagi , saat saya dan bersama teman – teman saya berkunjung kesini untuk survey. Pelayanan kepada kami sebagai tamu yang ingin mengerti seputar hotel ini oke , baik plus ramah.

Oke teman – teman , bagi kamu yang sedang berliburan atau berencana liburan ke Kota Solo dan kamu mencari alternative hotel yang berbeda. Yukk gak ada salahnya , kamu bisa coba hotel yang satu ini yaitu Roemahkoe Heritage Hotel & Restaurant.

 

Roemahkoe Heritage Hotel & Restaurant  

Jl. Dr. Rajiman No. 501 Laweyan.
Solo 57148 Central Java. Indonesia.
Ph (62-271) 714024
Fax (62-271) 720097
Email : info@roemahkoe.com

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s