Hotel List: Hotel Alila Solo

Alila Hotel Solo seperti apa sih bagian dalamnya.. Yukk SimakKota Solo punya beragam destinasi wisata dan banyak hal yang bisa kamu ekplorasi lebih dalam, misalkan budayanya ataupun kulinernya. Satu kota yang membuat kamu betah berlama – lama di Kota Solo bahkan kamu akan merasa kangen, kalau saya menyebutnya “Solo itu Ngangeni”. Singkatnya satu atau dua hari pun terasa belum cukup , belum lagi kamu eksplorasi di daerah sekitarnya seperti Boyolali, Karanganyar , Sukoharjo dan masih banyak lainnya. Kok saya sering ngomong itu yahh , pokonya gitu deh.

Banyak gerbang untuk masuk ke Kota Solo, bisa lewat beberapa Stasiun yang ada di Kota Solo ini seperti Stasiun Purwosari ataupun Stasiun Balapan Solo. Semua bisa , bahkan kamu sendiri atau rombongan naik mobil. Yakk saat kamu tiba, nah kamu dan teman teman sekalian kan pasti bawa barang tentunya repot yah kalau langsung cuss mengelilingi kota. Yang pasti setelah kamu tiba hal pertama yang kamu cari dari sekian daftar salah satunya kamu butuh penginapan, yak sebuah hotel. Gak hanya seorang traveler tapi hampir semua orang yang berpergian keluar kota dan lebih dari beberapa hari pun demikian.

Kota Solo ini kan punya banyak pilihan tempat buat nginep kamu, hampir disemua wilayah Kota Solo ada , seperti jantung kota Solo nya sendiri di jalan slamet riyadi sebuah jalan utama kota Solo yang membentang dari ujung ke ujung. Disini terdapat banyak hotel yang bisa kamu pilih.

Oke , sebelum kamu bingung mengenai hotel saya akan mengajak kamu untuk mengeluas salah satu hotel yang terletak di Kawasan Jajar, Kota Solo tepatnya di pertigaan Faroka.  Jeng jeng aku akan mengulas Alila Hotel Solo, nah kalau dari beberapa waktu lalu cuma diluar plus udah pernah bahas waktu masa pembangunan kali ini aku mengulas lagi saat sudah jadi. Langsung saja , cekibrit.

Alila Solo itu ?

Mudah dijangkau Dan Dekat Dengan Mall

Alila Solo atau Alila Hotel Solo ini lokasinya mudah dijangkau , terletak di Jalan Slamet Riyadi ,Jajar , Kota Solo. Tepatnya di pertigaan faroka , biasanya orang nyebutnya gitu. Ya siapa yang gak tau pertigaan faroka , hampir semua orang disini paham betul. Misalnya, saat kamu ingin diantar ke Alila Hotel Solo, bilang aja “Pak , ke Alila Solo ya yang di pertigaan faroka itu” , gampang kan. Selain itu di seputaran hotel ini , taksi ada kalaupun pengen yang lain seperti bis juga ada ( kalau suka nge bis ) , mungkin kamu punya langganan buat sewa mobil sendiri ataupun kamu bawa mobil sendiri , intinya gampang deh mau Alila. Ditambah lagi Alila Hotel Solo ini aja , bangunan nya udah tinggi banget dan unik, dari tempat yang jauh aja kelihatan dan orang langsung tau, oh Alila Solo yah.

Sensasi Menginap Di Salah Satu Gedung Tertinggi SeSolo Bahkan Tertinggi di Jawa Tengah

Sebelumnya kan aku udah bilang , Alila Hotel Solo ini kan bisa dibilang tinggi banget berdasarkan gedung – gedung yang berdiri di Solo , bahkan Alila Hotel Solo ini tertinggi SeSolo eh bukan hanya SeSolo tapi tertinggi SeJawa Tengah akhir – akhir ini ( belum tau yah saya , kalau udah ada yang lebih tinggi lagi ). Kalau tidak salah, secara jumlah lantai ada 30 lantai dan kalau meteran sekitar 124m. Nah sekarang coba bayangkan , seperti apa sensasinya menginap di hotel tertinggi di Kota Solo. Di semua gedung tinggi sebenarnya bisa, tapi tiap gedung atau hotel kan punya sensasi dan rasa ( bukan makanan lho ya ) tersendiri.

Pemandangan Terbaik Di Kota Solo

Semua hotel tertinggi ya hotel yang tinggi , tentunya kamu bakal dapat “view” terbaik. Di Alila Hotel Solo ini kamu bisa dapat pemandangan Kota Solo, umumnya adalah sebuah “city view”. Walaupun di Solo ini , gak banyak gedung tinggi tapi untuk masalah “City View”  nya menurut saya terbilang bagus karena apa ya gini kamu bisa mendapatkan “oh bentuk kota nya gini ya kalau dari atas” dan tentunya kalau kamu pengen suatu yang beda yang ini leboh berkesan.

Belum lagi , Kota Solo ini kan terletak diantara Gunung Merapi , Merbaru dan Gunung Lawu. Jadi saat kamu bisa dapat “view” yang cantik dari kedua gunung tersebut saat kamu berada di Alila Hotel Solo. Misal kamu di posisi kamar yang sebelah timur ya kamu dapat “view” Gunung Lawu, di posisi kamar yang sebelah barat kamu akan mendapat “view” Gunung Merapi Dan Merbabu.

Desain Keren Dan Unik

Unik + Ikonik

Kalau saya boleh mengatakan Alila Hotel Solo ini unik. Terlihat , dari fasadnya aja sudah beda dari yang lain. Kotak – kotak , ada pepohonan di atas bangunannya dan banyak keunikan yang bisa kamu temukan sendiri. Dari banyak keunikan yang ada di Alila Hotel Solo ini pada akhirnya menjadi “Ikon” bahkan “Ikonik” di Kota Solo.

Unsur Geometri Yang Cukup Kental

Di Alila Hotel Solo ini kamu akan menemukan dan merasa unsur geometri terutama kotak – kotak ( entah itu bujur sangkar maupun persegi panjang ) sangat kental. Mulai dari bentuk dasar ya, permainan kotak kotak nya saja sudah mulai. Kemudian di jendela , kamu akan menemukan desain jendela kotak – kotak yang acak. Belum lagi dibagian dalam alias di interiornya kamu akan menemukan lagi unsur kotak – kotak lagi. Kalau dilihat – lihat ini memang ciri khas desain dari Sang Arsitek hotel ini.  Keren banget , bisa dihadirkan di Solo dan makin membuat Solo semakin cantik dan variatif.

Modern , Tradisional , Etnik

Alila Hotel Solo , kalau saya melihat dan bukan hanya menurut saya tapi memang secara keseluruhan hotel ini konsepnya Modern, Tradisional Dan Etnik. Mulai dari “Modern” , ini terlihat dari di beberapa bagian bangunan seperti hadirnya kanopi yah kalau saya nyebutnya yang berbentuk kotak besar dari kaca. Kemudian “Tradisional” , banyak banget unsur kearifan lokal alias tradisional utamanya tradisional jawa yang akan kamu temui disini seperti halnya ornament batik dan ornament khas tradisi jawa. Dan terakhir “Etnik”, ini terlihat dari beberapa pernak pernik , maupun bagian dari bangunan hotel ini yang terbuat dari kayu.

Yukk Kita Lihat Satu Per Satu

Drop Off

Untuk akses Alila Hotel Solo , akses utama berada di depan atau di jalan Slamet Riyadi. Nah biaca lebih dalam ya , untuk akses masuk sendiri sebenernya ada dua akses yaitu akses untuk masuk ke lobby hotel dan masuk ke lobby ballroom / prefunction. Sebelum kamu masuk ke lobby hotel kamu akan disambut area drop off dengan celling yang tinggi, nah lobby hotel sendiri ada di lantai 2. Untuk lobby ballroom ada di lantai 1 /pertama.

Lobby

Di area lobby hotel , kamu akan disambut ornamen batik raksasa yang membentang dari area receptionist sampai di langit langit area lobby ini. Dalam area lobby ini saat pertama kali masuk kamu akan menemukan satu ornament khusus nan unik yaitu sebuah bola kayu yang berongga, kalau saya sih nyebutnya gitu.

Selain ada itu , ada ini juga

Epice Restaurant

Nah sekarang ngomongin soal perut , masalah perut tuntas karena seperti pada hotel berbintang 5 umumnya dan seluruh hotel pada dasarnya kan pasti ada restoran. Nah Alila Solo punya Epice Restaurant. Mau sarapan hingga makan malam, Épice ini bikin menggugah selera dengan menu yang bervariasi dari pilihan lokal ( menu – menu khas nusantara dan juga menu tradisional jawa ) dan pilihan menu internasional. Mengenai kapasitas, Epice cukup besar kalau tidak salah sekitar 160 , nah itu kapasitas maksimal. Kemudian dari sisi interior desain , Epice ini modern, etnik , dan unik. Jadi kamu akan banyak sambut nuansa modern , kemudian banyak pernak pernik dan juga perabot yang membuat kesan etnik terasa kuat dan juga beberapa ornamen lainnya.

MICE

Untuk masalah MICE , Alila Solo punya tempat yang oke buat rapat, event perusahaan , nikahan, konser music dan masih banyak lainnya. Desain interior Ballroom dan Meeting Room ini memiliki desain yang modern , unik dan punya ornament – ornamen khas.

Smoking Area

Perhatian ini bukan foto terbaru ya / Foto By SuryaJavaSolo / skyscrapercity.com

Area Meeting Hub

Ballroom

Perhatian ini bukan foto terbaru ya / Waktu ada event Konser MLTR / Foto By SuryaJavaSolo / skyscrapercity.com
Perhatian ini bukan foto terbaru ya / Waktu persiapan pesta nikah / Foto By Bigmosragen / skyscrapercity.com
Perhatian ini bukan foto terbaru ya / Waktu persiapan pesta nikah / Foto By Bigmosragen / skyscrapercity.com
Perhatian ini bukan foto terbaru ya / Waktu persiapan pesta nikah / Foto By Bigmosragen / skyscrapercity.com

Alila Hotel Solo ini memiliki kapasitas yang sangat besar bisa menampung sekitar 3500 orang. Ballroom Alila Solo untuk saat ini adalah ballroom hotel di kota Solo dengan kapasitas yang paling besar.

Area Koridor Meeting Room

 

Foto By SuryaJavaSolo / skyscrapercity.com

Meeting Room

Seperti ini meeting room nya , Maaf ya kalau foto burem

Alila Solo ini memiliki ruang rapat atau meeting room sebanyak 14 ruang. Tentunya jumlah yang cukup banyak dan bisa memenuhi kebutuhan rapat kamu.

Kolam renang

Kolam renang Alila Hotel Solo ini terletak di lantai 6, kamu bisa berenang dan menikmati fasilitas yang ada di area kolam renang ini. Selain itu , karena ini terletak di lantai 6 dan sifatnya outdoor serta ini semi rooftop swimming pool jadi kamu bisa berenang sambil menikmati indahnya pemandangan kota solo.

Largo Lounge

Perhatian ini bukan foto terbaru ya / Foto By Bigmosragen / skyscrapercity.com

Largo Lounge letaknya di area kolam renang dan konsepnya outdoor sambil menikmati suasana pemandangan kota dan juga pemandangan di sekitar area kolam renang.

Kids Area

Kolam Renang Khusus Anak – Anak

Nah yang sudah punya anak , atau kebetulan pas baru liburan bawa keponakan yang masih kecil. Di Alila Solo ini punya fasilitas untuk anak – anak. Seperti kolam renang dan fasilitas untuk anak – anak bermain dan tentunya aman dan seuai standar.

Ruangan Khusus Bermain Anak

Mau ngegym , ada Gym Alila

Pengen ngegym , tenang di Alila Solo ada. Tentunya kalau ngomongin fasilitas gym ini hampir di semua hotel berbintang 4 keatas sudah menjadi wajib fasilitas yang satu ini. Di dalam Alila Gym area ini banyak fasilitas seperti peralatan gym / olahraga yang lengkap dan canggih. Kemudian karena area gym ini dua lantai tapi masih di area lantai 6 maka dilantai selanjutnya dari Gym Alila ini ada area tempat yang direncanakan untuk Kelas Yoga , muat banyak sih.

Pengen nyepa eh spa , ada Spa Alila

Alila Hotel Solo  tentunya sebagai hotel berbintang 5 mempunyai fasilitas spa. Nah Spa Alila ini letaknya ada dilantai 6 bersama dengan area kolam renang , lounge dan gym. Di Spa Alila Solo ini punya banyak fasilitas diantaranya ada spa nya , jaccuzinya.

Ini terletak di area jaccuzi dari SPA ALILA

Ada Salonya juga di Alila Solo

Kamar

Alila Solo atau Alila Hotel Solo ini memiliki total ada 255 kamar, jadi tenang kebagian semua bagi teman – teman yang lagi ke Solo dan pengen nyoba ini hotel.  Untuk keseluruhan kamar , kamu akan disambut  pemandangan kota yang luar biasa langsung dari kamar kamu seperti yang saya ungkapkan di awal. Selain itu kamu juga akan mendapati nuansa desain interior ciamik dengan gaya modern berkolaborasi dengan sentuhan kearifan lokal yaitu nuansa tradisional jawa. Dalam setiap kamar kamu akan menemukan ornament batik yang khas dan eksklusif hanya untuk kamu yang menginap disini.

Pintu Tembusan

Oh iya biasanya kalau di hotel kan pakai pintu tembusan, di Alila Solo ini berbeda jadi kalau kamu ingin dua kamar atau dua ruang kamu bisa akses gak perlu pintu tembusan. Hanya cukup dengan menutup pintu yang ada didepan saja. Kalau cuma membutuhkan satu , ya kamu pakai pintu yang lebih dalam seperti pada hotel umumnya.

Koridor antar kamar , ada batik nya lho 

Nah Alila Hotel Solo ini punya 5 tipe kamar yaitu Deluxe Room , Executive Room , Executive Suite , Alila Suite , Presidential Suite. Nah seperti apa setiap kamarnya berikut ulasan singkatnya.

Deluxe Room

Tipe kamar Deluxe ini adalah tipe standar di Alila Solo, tipe ini memiliki luasan 40m2. Deluxe room memiliki kapasitas cukup lah , bisa 2 orang. Ukuran tempat tidurnya kamu bisa pilih yang king size apa twin. Karena ini tipe standar , jadi gak ada bathup dan adanya cuma shower aja. Cukup saja sih , tergantung kebutuhan dan kamu pilih yang mana nantinya. Nah fasilitas ya standarnya tipe kamar ini di Alila Solo

Executive Room

Tipe kamar Executive ini mulai masuk pada tipe menengah di Alila Solo, tipe ini memiliki luasan 40m2 masih sama seperti deluxe untuk luasannya. Executive room memiliki kapasitas cukup lah , bisa 2 orang. Ukuran tempat tidurnya kamu bisa pilih yang king size apa twin. Mulai masuk pada tipe menegah , jadi ada bathup dan juga ada shower. Cukup saja sih , tergantung kebutuhan dan kamu pilih yang mana nantinya.Keistemewaan di kamar ini tersedia ruang merokok dan non merokok , selain itu posisi juga lebih premium.Nah fasilitas ya standarnya tipe kamar ini di Alila Solo.

Executive Suite Room

Executive Suite / alilahotels.com

Tipe kamar Executive Suite ini sudah masuk pada tipe menengah di Alila Solo, tipe ini memiliki luasan 70m2 lebih besar dari tipe sebelumnya untuk luasannya. Executive Suite  memiliki kapasitas tambah besar , bisa 3 orang. Ukuran tempat tidurnya king size. Karena masuk pada tipe menegah , jadi ada bathup dan juga ada shower di tipe ini. Bagus sih , tergantung kebutuhan dan kamu pilih yang mana nantinya.Keistemewaan di kamar ini ada living area dan dinning area, selain itu posisi juga lebih premium.Nah fasilitas ya standarnya tipe kamar ini di Alila Solo.

Alila Suite

Tipe kamar Alila Suite ini sudah masuk pada tipe tinggi di Alila Solo, tipe ini memiliki luasan 90m2 lebih besar dari tipe sebelumnya untuk luasannya. Alila Suite  memiliki kapasitas tambah besar , bisa 3 orang. Kapasitasnya sama seperti di tipe Executive  Suite. Ukuran tempat tidurnya juga masih sama dengan tipe Executive  Suite yaitu king size. Karena masuk pada tipe tinggi , jadi ada bathup dan juga ada shower di tipe ini. Bagus sih , tergantung kebutuhan dan kamu pilih yang mana nantinya. Hampir kembar ya tipe Alila Suite dan Executive  Suite , sama – sama punya living area dan dinning area. Keistemewaan di kamar ini ada teras dan privat kolam renang, selain itu posisi juga lebih premium. Kamu bisa renang atau bersantai di teras sambil menikmati pemandangan kota yang cantik. Nah fasilitas ya standarnya tipe kamar ini di Alila Solo.

 

Presidential Suite

Tipe kamar Presidential Suite ini masuk pada tipe tertinggi di Alila Solo, tipe ini memiliki luasan super besar yaitu 200m2 sangat lebih besar dari tipe sebelumnya untuk luasannya. Presidential Suite  memiliki kapasitas yang besar , bisa 4 orang. Ukuran tempat tidurnya king size. Karena masuk pada tipe tertinggi , jadi ada bathup dan juga ada shower di tipe ini . Bagus sih , tergantung kebutuhan dan kamu pilih yang mana nantinya. Keistemewaan di kamar ini adalah  hadirnya  pantry, perlengkapan kantor, ada ruang multi fungsi yang bisa digunakan sebagai ruang rapat atau untuk yoga. Selain itu posisi juga lebih premium, dan yang membedakan disini adalah material yang ada dikamar ini lebih premium. Nah fasilitas ya standarnya tipe kamar ini di Alila Solo. Oh iya untuk tipe kamar ini baru akan di perkenalkan dan diresmikan pada bulan April mendatang.

Segera Di Alila Solo

Tentunya di Alila Solo ini masih banyak fasilitas lainnya , namun mengingat hotel ini masih tergolong baru hadir di Kota Solo dan baru aja buka jadi belum semuanya siap hadir. Nah disini ada dua fasilitas yang segera yaitu TAPAS dan Executive Lounge. Selain itu di dalam komplek Alila Solo ini ada area shopping arcade yang mungkin akan di isi beberapa restoran dan lain lain mungkin. Nah yang sudah Buka yaitu Liberica dan ( Mohon Maaf Saya Lupa ).

TAPAS

Berdasarkan informasi yang saya dapat , TAPAS ini adalah nantinya restoran santai bergaya eropa dan letaknya di lantai 29.

Executive Lounge

Berdasarkan informasi yang saya dapat , Executive Lounge ini nantinya berkonsep panaromic yaitu konsep yang menawarkan pemandangan yang cantik dari lantai paling tinggi disebuah gedung dan seperti konsepnya maka letaknya di Lantai 30.

Bonus

Gak cuma hotel, tapi

Yah, di Alila Solo ini gak cuma hotel beserta fasilitas nya tapi juga ada shopping arcade atau area bisnis , yang jelas di area ini mungkin nantinya di isi cafe dan resto atau bisa juga lainnya.

Masih di Alila Solo

Ya, itu tadi mengenai Alila Hotel Solo.Intinya kalau dari saya, Alila Hotel Solo “JOSS”.  Jadi kalau kamu berkunjung ke Kota Solo , Alila Hotel Solo bisa jadi pilihan kamu buat nginep dan mencoba sendiri hotel ini ( maksudnya gini mungkin sendiri atau dengan keluarga bisa juga bareng sama temen rame rame gitu).

*Mungkin ada beberapa update yang muncul dari tulisan ini untuk kedepannya. Seperti foto dan info terbaru.

Alila Hotel Solo

Jalan Slamet Riyadi No. 562

Solo, JawaTengah, 57144, Indonesia

Tel : +62 271 677 0888

Fax : +62 271 677 0999

Email : solo@alilahotels.com

www.alilahotels.com/solo

Sumber Gambar
  • Dokumen Pribadi
  • alilahotels.com
  • skyscrapercity.com

 

 

 

 

 

 

2 pemikiran pada “Hotel List: Hotel Alila Solo

Tinggalkan komentar