Sudah Kenal Belum ? Es Kapal Baron Solo

Halo sob kali ini saya mau update dan membagikan ‘Menikmati Kuliner Solo : Es Kapal Baron Solo’. Nah penasaran seperti apa ? Langsung aja yukk sob…cekidot…

Menikmati Kuliner Solo : Es Kapal Baron Solo

Kemarin sob selepas saya CFD , saya menyempatkan diri untuk mlipir dan mampir sejenak ke Es Kapal Baron Solo. Hayo sobat semua sudah pernah belum menikmati Es Kapal ? Hayo wong Solo mana nih , pasti sudah kenal banget dong ya dengan Es Kapal.

Bagi yang belum kenal yukk sob kita kenalan dulu…

Sebenarnya sob , bisa dengan mudah menemukan kuliner yang satu ini yakni Es Kapal di Kota Solo. Ada banyak tempat yang menyajikan Es Kapal, namun kali ini saya menikmati Es Kapal yang berada di Baron , Kota Solo alias singkatnya saya menyebutnya dengan Es Kapal Baron Solo.

Es Kapal ?

Es Kapal boleh dibilang sebagai salah satu jajanan alias kuliner unik dan khas yang ada di Kota Solo. Adanya Es Kapal ini memang luar biasa diminati sob. Es Kapal memang telah memiliki tempat khusus di hati para penggemarnya khususnya masyarakat Kota Solo.

Siapa sih yang gak bakal jatuh hati ketika bertemu dan menikmati Es Kapal , kuliner tradisional yang low profile , ramah kantong namun dua jempol …luar biasa joss nan. Terlebih lagi Es Kapal ini sangat cocok banget sob sebagai pelepas dahaga selepas keliling Kota Solo maupun melepas penat usai bekerja maupun melakukan rutinitas harian perkotaan yang begitu luar biasa. Mak nyess…seger nan.. josss nan.. plooong sob..

Es Kapal ini sendiri merupakan salah satu kuliner temp doeloe ‘tempo dulu’ , ya kalau ndak salah sob hadir sekitar era 80-90an. Nah si Es Kapal ini terbuat dari santan yang dicampur dengan serutan es batu ‘srokk..srokk*bunyi es batu ketika diserut…diserut deh es-nya’. Tak lupa dengan tambahan sedikit garam sob terus diputar – putar deh dan cling jadilah es nya, siap deh untuk disajikan plus siap sruput *eh.

Saya sendiri lupa tak memperhatikan ada varian apa saja di Es Kapal Baron Solo ini sob. Cuman berdasarkan pengamatan sekilas beberapa pesanan lain dan pesanan saya sendiri sob sepertinya hanya ada satu varian es Kapal saja yakni varian es kapal coklat.

Penyajian Es Kapal ini pun terbilang sederhana sob. Es yang sudah siap saji dituang ke dalam gelas kaca. Mungkin sobat sudah sangat kenal dengan gelas kacanya. Sering banget ketemu gelas kaca nya di warung susu segar. Ya kayak gitu deh gelas kacanya.

Kenapa Es Kapal ?

Seusai es nya tadi dituang dalam gelas kaca sob , lalu diberi sehelai roti deh diatasnya. Mak celuup….gitu itu aja sob. Sempat terlintas dibenak pikiran saya sob , saya pikir asal mula penamaan Es Kapal ini sendiri berasal dan terinspirasi dari penyajian es Kapal.

Dimana kalau kita sekilas melihat dari penyajian es kapal ini sehelai roti yang diletakan plus dicelupkan ke dalam gelas berisi es akan terlihat mirip dengan kapal *maksud saja moncong atau ujung kapal. Lihat deh sob ? Iya kan ?

Namun ternyata dugaan saya salah sob. Ternyata asal mula penamaan es Kapal ini sendiri bukan karena itu semua sob *bentuk penyajiannya tetapi lebih kepada asal mula nya dari para penjual es kapa ini menggunakan gerobak yang berbentuk seperti kapal. Tuhh sob coba perhatikan , gerobaknya mirip kapal , terlihat ada satu sisi yang mirip dengan moncong alias ujung kapal. Tuhh kan…

Hmm…nikmat banget sob es Kapalnya.. josss. Saya sendiri tak pandai dalam soal rasa kuliner namun saya suka banget dan joss nan sob…

Harga Es Kapal ?

Harganya berapa kak ? Untuk harganya sendiri …jreng.. hanya Rp 4.000,- saja sob. Murah banget kan sob.

Lokasi Es Kapal ?

Sesuai dengan saya menyebutnya sob Es Kapal Baron ini berada di Baron , kota Solo. Nah lebih tepatnya dekat perempatan Baron Solo atau eks Bundaran Baron Solo, Depan Kantor Polisi Baron sob. Tempatnya teduh adem dan nyaman sob. Kadang Es Kapan Baron Solo ini ditemani penjual bakso.

Mulai Buka Es Kapal ?

Oh iya Es Kapal Baron ini mungkin mulai buka jam 8 pagi , soalnya saya sendiri sih ketika mampir selepas CFD jam 9nan masih sepi dan kondusif hahah.. Siang pun masih buka dan jualan sob namun bisa terjadi antrian yang hmmm.. sabar mengantri ya sob wkwkw..  Saya sendiri sih paling suka mampir selepas CFD lebih kondusif *eh *dijewer.

Galeri Foto Es Kapal Baron Solo

Gimana sob ? Penasaran banget ? Kepo ? Cuss aja ke lokasi..cobain sendiri yahh… bawa pacar , tikungan, mertua boleh kok ..

Nah mungkin itu dulu sob update kali ini dan sampai jumpa di update selanjutnya.. Thank you & See you…

Have a nice day …bro & sist

 

 

Es Kapal Baron Solo

Dekat Eks Bundaran Baron Solo ( Depan Kantor Polisi Baron Solo )

Harga Rp 4.000,-

 

5 pemikiran pada “Sudah Kenal Belum ? Es Kapal Baron Solo

      1. jaman aku masih SD tahun 70an.. tiap hari jajan es kapal.. .. tiap istirahat sekolah atau habis olahraga.. namun es kapal yang ada sekarang sudah jauh berbeda dengan es kapal jaman doeloe.. es kapal jaman doeloe lebih lengkap isisnya.. ada santan campuran tape kelapa dan sirup yang dicampur jadi satu jadi lebih berasa .. baru kemudian ditambah dengan roti… kalo es kapal sekarang hanay santan dan sirup.. menurutku jadi kehilangan keunikannya .. hanya tersisa gerobaknya saja keunikannya

        Suka

  1. dulu di tahun 80an kami biasa menyebut es prau (es perahu)
    menggunakan stroop berawarna coklat (bukan susu coklat)
    kalau tidak salah merk stroop nya Adia Tirta,
    sirup lokal produksi kampung Gumunggung

    sempat mendapat perlakukan character assasination dari para orang tua jaman dulu
    bahwa santannya air mentah (mungkin yang dimaksud air matang yang digunakan untuk memeras parutan kelapa dan tidak direbus lagi agar tidak pecah)

    tetapi kadang yg jahil adalah, diceritakan bahwa penjualnya jika memeras santan selalu menggunakan celana yang dia pakai (padahal celananya dekil banget)

    setelah kami agak besar ternyata itu penjualnya kalau memeras santan memang harus pakai celana, kalau tidak bisa kelihatan anunya dong, hahaa

    sehingga kami yang menjadi anak anak pada zamannya jadi kurang sering mengkonsumsi nya akibat terbayang bayang air santan yang diperas dengan menggunakan celana dekil pak penjual

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s