Update Proyek : Progress Proyek Koridor Gatot Subroto Solo

Halo sob , balik lagi nih seperti biasa bahas proyek yukk. Kali ini saya mau meng”update” progress proyek penataan koridor Gatot Subroto Solo. Nah seperti apa progress nya mari sob kita lihat bareng – bareng…cekidot

Koridor Gatot Subroto ? Sudah kenal belum sob? Sebelum membahas progress proyek nya mari sekilas kenalan sebentar sob. Koridor Gatsu atau Koridor Gatot Subroto adalah sebuah koridor atau kawasan yang berada di seputaran jalan Gatot Subroto Kota Solo. Lebih tepatnya berada dekat dengan Pasar Singosaren Solo. Kalau kamu dari kawasan Coyudan ketemu Tugu Singosaren belok kanan dan sobat sudah berada di Koridor Gatsu ( Gatot Subroto ).

Sesuai rencana , koridor Gatsu ( Gatot Subroto ) ini akan ditata sedemikian rupa agar menjadi sebuah kawasan yang apik nan rapi. Sebuah “Walking Street Area” di koridor Gatot Subroto Solo. Seperti apa sih gambarannya , yahh seperti layaknya kawasan pusat perdagangan dan pertokoan pada umumnya yang rapi dan nyaman. Mungkin contoh gambaranya itu seperti di kawasan jalan Malioboro Yogyakarta.

Beberapa waktu lalu proyek penataan koridor Gatot Subroto sudah dimulai sob , kebetulan saya baru sempat mampir ke proyek ini 2 hari yang lalu sob. Nah ngomongin proyek yang satu ini, sudah sejauh mana sih proyek penataan koridor Gatot Subroto ini. Yukk mari kita lihat sob..

Seperti yang terlihat dalam gambar sob , yang mana nampak lubang galian di sisi kiri jalan. Nah nantinya pun disisi kanan jalan juga akan ada lubang galian. Penggalian di kedua sisi nantinya ini akan sepanjang yang telah direncanakan kurang lebih sepanjang 385m , cukup panjang ya sob. Nah penggalian ini dimaksudkan untuk melegakan drainase , jadi proyek ini penataan sekaligus normalisasi saluran air di koridor Gatot Subroto Solo.

Berdasarkan pantauan di lokasi sob , seperti yang terlihat pada gambar. Proyek penataan koridor Gatot Subroto Solo ini pada siang harinya difokuskan pada pengepelan lantai, pemasangan bekisting hingga penyedotan air di saluran drainase. Terlihat beberapa pekerja proyek tengah sibuk melakukan pekerjaan nya masing – masing , seperti ada yang tengah sibuk memasang pipa paralon ada pula yang lalu lalang mengangkut dan memindahkan tanah / material ke tempat yang telah ditentukan.

Tidak terlihat ada nya pekerjaan penggalian , seperti yang terpantau hanya  pemasangan bekisting hingga penyedotan air di saluran drainase saja. Alat berat berupa backhoe yang biasanya buat garuk – garuk tanah eh maksud saya buat menggali hanya berdiam diri “anteng banget” di sisi timur Jl. Gatot Subroto. Hal ini di karena kan begini sob pekerjaan dengan alat berat tidak dapat dilakukan pagi hingga sore hari ketika kawasan ramai. Selain mengganggu kelancaran arus lalu lalang kendaraan kemudian kegiatan yang berlangsung pada jam – jam sibuk seperti halnya perdagangan di kawasan tersebut , proyek penggalian tidak akan berjalan maksimal.  Yang mana seperti yang kita ketahui alat berat membutuhkan ruang gerak yang cukup luas untuk melaksanakan tugas. Apalagi dalam hal ini arus lalu lintas sedikit tersendat lantaran parkir pertokoan memakan bahu jalan seiring penataan koridor ini sob.

Itu sob si backhoe yang sedang berdiam diri di sisi timur jalan Gatot Subroto Solo…

Bonus 

Proses penggalian saat malam hari

Credit to Ginda Ferachtriawan

Nah itu saja sih sob untuk progress proyek penataan koridor Gatsu / Gatot Subroto Solo. Sampai jumpa di progress selanjutnya sob..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s