Pasar Triwindu Kota Solo

Halo sob , kali ini saya mau ngomongin Pasar Triwindu yang berada di kawsan Ngarsopuro Kota Solo. Hayo udah ada yang kenal belum dengan pasar yang satu ini yang mana merupakan salah satu ikon Kota Solo? Kalau belum yukkk cekidot sob…

 

Kota Solo sangat terkenal dengan beragam hal seperti halnya ragam kebudayaan , ragam aneka kuliner yang lezat menggoda dan tentunya masih banyak lainnya yang bisa di jelajahi. Ada satu tempat yang gak boleh kamu lewatkan sob ketika sobat menjelajahi kota Solo yaitu Pasar Triwindu sob.

Pasar Triwindu, demikian nama pasar ini sob seperti yang tertera di pucuk gapura ketika kamu memasuki pasar triwindu ini. Sekilas tidak ada yang istimewa dari pasar yang lain sob, namun ketika sobat sudah “ngublek-ngublek” pasar ini, barulah sobat jeng jeng seketika mata akan dimanjakan oleh beragam barang-barang antik yang dipajang di kios-kios. Mulai dari hiasan pintu sampai patung batu bisa ditemukan di sini, dari wayang sampai meriam logam juga ada. Eh motor- motor tua ada juga sob.

Jangan kaget ketika menemukan setrika arang dengan ciri khas patung jago dipucuknya itu, juga ketika kusamnya uang-uang logam jaman gak enak alias baheula menyapa mata sobat, dan tak terhitung topeng-topeng kayu warna-warni yang tersedia di dalam kawasan pasar ini. Banyak barang tak terduga yang bisa sobat jumpai, bahkan konon dulu pernah ada barang antik dari Keraton Solo yang ‘nyasar’ alias keblusuk di Pasar Triwindu, jika sobat penasaran boleh ditanyakan sob kepada para pedagang di sana.

Nuansa khas Solo terasa sob terlihat dari keramahan para pedagangnya, akan membuat sobat betah mondar-mandir di Pasar Triwindu ini. Tawar menawar harga dengan pedagang merupakan hal yang sudah biasa sob, jadi seberapapun kayanya sobat, jangan pernah malu untuk meminta harga yang lebih murah dari yang ditawarkan pedagang kepada sobat.

Gang demi gang dikomplek pasar tersebut memang dijejali kios-kios yang menyuguhkan barang antik, baik yang benar-benar antik, maupun barang baru yang sengaja dibuat tampak antik.Perlu ketelitian lebih sob untuk mampu membedakan keduanya.

Pasar minat khusus yang tertata rapi ini telah lama menjadi salah satu ikon kota Solo, bisa dibilang belum komplit mbolang dan main ke Solo kalau belum mengunjungi pasar Triwindu. Pemkot Solo sendiri telah menata ulang Pasar Triwindu ini dengan baik. Pasar Triwindu telah melegenda di kancah dunia wisata Indonesia sob. Saking terkenalnya sob, siapa sih yang gak kenal dengan pasar yang satu ini.

Jadi gak ada salahnya sobat menjadikan pasar ini menjadi daftar utama destinasi wisata sobat ketika mbolang ke Kota Solo. Satu hal lagi sob, ketika kamu berkunjung ke Pasar Triwindu, kamu bisa wisata kuliner yang tentunya lezat menggoda iman. Silahkan sobat mampir ke warung soto sapi Triwindu yang terletak di sebelah belakang pasar ini. Gak ada hal yang lebih dahsyat dan luar biasa nikmat dari menyantap lezatnya soto sapi setelah lelah berkeliling mencari barang antik. Jadi tunggu apalagi sob? Bawa bekal yang buanyak sob, biar puasss plongg sob. See you next time… gaesss..

Iklan

18 pemikiran pada “Pasar Triwindu Kota Solo

  1. Bang mungkin anda punya saran untuk Pasar Triwiwindu agar menjadi lebih baik lagi? Saya melihat Pasar Triwindu masih sepi. Mohon sarannya gan

    Suka

    1. kalau menurut saya sih membuat banyak kegiatan di pasar triwindu , seperti beberapa kegiatan yang telah digelar namun lebih padat. Bisa saja kegiatan fotografi di lokasi atau edukasi ( pengenalan ) barang antik. Menggandeng para pelaku sosial media ( artis sosmed , admin sosmed , youtuber , blogger )..

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s