Ngobrolin Sistem Satu Arah di Kota Solo

Kemungkinan Sangat Kecil Untuk Pelebaran Jalan / Peningkatan Pertumbuhan Dan Perkembangan Jalan

Pelebaran jalan tidak akan terjadi jika sukses dengan program transportasi publik .

Memberikan Ruang Gerak yang Leluasa Dan Memberi Petugas Pengatur Lalu Lintas Sekaligus Penjaga

Perluasan titik – titik tertentu yang dianggap sebagai titik macet yang memperlambat mobilitas pengguna jalan sebagai cara untuk memberikan ruang gerak yang leluasa. Titik macet disini , yang utama biasanya pertemuan antara jalur satu arah dengan dua arah , memang sudah sempit jalannya , pusat keramaian , ada area parkir liar. Perluasan disini bisa dengan cara melebarkan badan jalan di titik tersebut atau dengan melakukan optimaliasi jalan seperti jika ada parkir liar , bisa dipindahkan ketempat yang lebih tepat.

Memberi / meletakan beberapa petugas di titik tertentu yaitu dalam titik macet yang mana petugas tersebut mempunyai fungsi ganda untuk mengatur lalu lintas agar jika terjadi kemacetan bisa cepat teratasi, dan melakukan penjagaan dan pengawasan jika terjadi sesuatu seperti pelanggaran atau kecelakaan / insiden.

Penggunaan ERP

Jalan berbayar elektronik atau dalam bahasa Inggrisnya electronic road pricing (ERP) adalah pungutan untuk jalan di tempat-tempat tertentu dengan cara membayar secara elektronik. Tempat dilakukannya pungutan jalan biasa disebut restricted area. Bila menggunakan kendaraan, setiap kali melewati restricted area tersebut pengguna kendaraan harus membayar.

Di beberapa negara seperti Singapura, Jepang, Inggris pengadaan jalan berbayar ini dimaksudkan untuk mengurangi jumlah penggunaan kendaraan pribadi dan mengalihkan ke kendaraan umum. Ketiga negara itu telah sukses menekan jumlah pengguna kendaraan pribadi. Sistem jalan berbayar elektronik ini rencananya juga akan diterapkan di Jakarta untuk mengurangi kemacetan. Selengkapnya tentang ERP bisa dibaca di sini atau disini.

Pengalihan arus transportasi dari luar kota yang hanya singgah atau lewat

Transportasi itu beragam , transportasi dari satu kota ke kota lain , transportasi barang dan lain – lain. Nah untuk memisahkan dan menjauhkan akses itu , bisa menggunakan jalur lingkar atau jalan tol kecuali bagi yang ingin berkunjung dan berwisata ke kota misalkan kota Solo , tidak mengharuskan lewat jalan tol yang tentunya lebih jauh.

Kesadaran Masyarakat

Ini adalah hal yang paling penting dari kesemuanya dan paling berpengaruh karena sistem atau apapun itu akan sukses dan berhasil jika masyarakatkan mau dan tertib serta mendukung ( memiliki kesadaraan masyarakat yang baik).

Kesadaran Masyarakat yang baik tentunya tidak akan menimbulkan kemacetan karena masyarakat akan tau harus kemana dan seperti apa selanjutnya. Selain itu dengan kesadaraan masyarakat yang baik , potensi kecelakan menurun karena tau harus seperti apa ketika dikawasan ini intinya etika dan tata tertib saja. Misalnya tidak ngebut dan gegabah. Jadilah pengguna jalan yang baik dan cerdas.

Masalah perekonomian dikawasan ini

Sebenarnya untuk berbisnis dikawasan ini sama bagusnya dengan kawasan yang jalannya dua arah. Ingin membuat kawasan ini bernilai dan membuat rame dan menarik untuk mampir ke satu tempat dikawasan ini tergantung pada pelaku usaha dan orang terkait untuk mengemasnya balik lagi ke penataan , manajemen , dan cara cara dalam berwirausaha. Sistem satu arah secara sekilas malah menguntungkan karena sistem ini adalah sebuah bundaran berskala besar yang membuat orang untuk melawatinya , jadi seperti tidak ada jalan lain yang dipilih. Kalau ada orang yang kebetulan melewati toko yang ingin dikunjungi tinggal membuatkan akses agar tidak memutar jauh atau tetap mengharuskan melewati satu kali lagi kawasan satu arah untuk menuju lokasi tujuan.

Hanya masalah kebiasaan

Semua akan terbiasa pada waktunya , yang jelas membutuhkan waktu saja. Pembiasaan ini agar bisa terbiasa dan kebiasaan dengan cara sosialisasi terus , pendekatan sampai bosen , biasanya orang kalau sudah bosen nanti akan capek sendiri dan terpaksa untuk mengikutinya otomatis akan terbiasa lambat laun.

3 pemikiran pada “Ngobrolin Sistem Satu Arah di Kota Solo

  1. SSA rajiman mengurangi macet malah bikin
    macet.kurangi lakalantas malah laka naik pelaku ussha di rajiman omset turun 60%(silahkan survei sendiri kl tdk percaya).
    dan satu lagi yg penting.dr.rajiman statusnya adalah jalan provinsi dimana jln prov minimal 2 lajur 2 ARAH.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s